BLANTERWISDOM101

Cara Menambah Free Space di Google Drive Ampuh 100%

Rabu, 08 Agustus 2018

Google memberi kalian 15GB ruang kosong di Google Drive untuk menyimpan data. Jumlah yang diberikan oleh Google Drive lebih banyak daripada Dropbox 2GB dan Box’s 10GB. Jumlah 15GB tersebut tidak hanya mencakup Google Drive saja tetapi juga akun Gmail dan Google Foto.

Jika kalian menggunakan Gmail sebagai salah satu akun email utama kalian, kalian mungkin tanpa sadar akan melebihi batas 15 GB. Nah, disini kami akan memberikan cara agar kalian dapat menyimpan pesan, file, lampiran, dokumen dan media lainnya. Kalian dapat mendapatkan kembali ruang data Google Drive untuk kalian sendiri.

Langkah 1: Temukan Permasalahannya.

Untuk mencari tahu apa yang memakan begitu banyak ruang di Google Drive Kalian, buka halaman penyimpanan Google Drive. Di sini, kalian akan melihat diagram lingkaran yang menunjukkan seberapa banyak ruang yang kalian gunakan dan melihat berdasarkan bagan untuk melihat perincian berdasarkan platform.

Seperti yang kalian lihat di diagram lingkaran kalian, mungkin bisa saja sebagian besar ruang ditempati oleh pesan Gmail dan Foto. Jadi tidak semuanya hanya berasal dari Drive saja.
Di halaman itu, kalian juga dapat melihat berapa total penyimpanan yang kalian miliki (termasuk bonus apa pun yang mungkin kalian dapatkan) dan kalian dapat meningkatkan rencana jika kalian merasa membutuhkan lebih banyak ruang. Paket Google Drive mulai dari $2 per bulan untuk 100GB atau $20 per tahun dan naik hingga $300 per bulan untuk 30TB.


Langkah 2: Bersihkan Drive.

Bukalah Google Drive dan lihat My Drive. Jika kalian melihat kisi-kisi thumbnail dan bukan daftar, klik tombol Tampilan Daftar/List View di sudut kanan atas layar.

Kalian sekarang harus melihat Google Drive kalian terdaftar dan terurutkan berdasar nama. Google biasanya membiarkan kalian mengurutkan file Drive dengan mudah berdasarkan ukuran file, tetapi jika kalian mengklik tombol Sortir di sudut kanan atas, kalian akan melihat bahwa satu-satunya opsi  adalah Name, Last modified, Last modified by me, dan Last opened by me.

Tetapi kalian masih dapat mengurutkan file berdasarkan ukuran file.
Di sudut kiri bawah layar, kalian akan melihat jumlah ruang penyimpanan yang kalian gunakan dan tautan yang mengatakan “Beli lebih banyak penyimpanan”. Arahkan kursor ke area ini hingga kotak dengan perincian penyimpanan Drive kalian muncul. Di bagian atas daftar, kalian akan melihat Drive

Nah sekarang folder Drive kalian sekarang akan terurutkan berdasar “Quota Used” atau ukuran file dan kalian dapat mulai menghapus file yang lebih besar untuk mengosongkan ruang.
Setelah kalian menghapus file dari Drive, kalian harus mengosongkan folder Sampah kalian.

Klik Sampah, pilih file yang ingin kalian hapus selamanya, klik kanan lalu klik Hapus selamanya. Hingga file dihapus selamanya, ini akan terus memakan ruang di Drive kalian.

Langkah 4: Hapus Google Foto Kalian.

#1. Buka halaman Google Foto dan klik Foto untuk melihat semua foto Kalian.
#2. Untuk menghapus foto, arahkan kursor ke atas mereka hingga kotak centang kecil muncul di sudut kiri atas.

#3. Klik kotak centang, dan semua foto kalian akan mendapatkan kotak centang. Periksa semua foto yang ingin Kalian hapus dan kemudian klik Hapus untuk menghapusnya.

Langkah 5: Bersihkan Gmail Kalian.

Jika kalian sudah berhasil sejauh ini, yah, mari kita hadapi itu - akun Gmail kalian mungkin mengambil sebagian besar ruang di Google Drive. Untuk menghapus Gmail kalian dari lampiran besar dan buletin yang tidak diinginkan,

Caranya mudah, cukup dengan memilih email yang dihapus dengan cara mencentang email, lalu klik ikon sampah. Dengan begitu email kalian sudah terhapus.



Penutup

Itulah Tips untuk mendapatkan lebih banyak ruang di Google Drive kalian. Pastikan kalian menggunakan fitur Google drive dengan bijak untuk menghemat ruang. Semoga Berhasil.
Share This :

0 komentar